7 Cara Mencatok yang Benar Agar Rambut Tidak Mudah Rusak  

Menggunakan pelurus rambut sepertinya sedang menjadi tren di dunia kecantikan. Tidak hanya rambut  keriting atau ikal, tetapi juga rambut  lurus  biasanya diluruskan dengan alat pelurus rambut. Jika Anda takut merusak rambut, ikuti saja tips cara menggunakan pelurus rambut ini untuk meluruskan rambut dengan cepat!

Pilih Catokan yang Bagus

Pelurus rambut yang baik terbuat dari keramik, turmalin atau titanium. Anda tidak ingin cepat-cepat meluruskan rambut selama Anda memilih pelurus yang hanya memiliki  suhu tinggi, pilih yang memiliki beberapa pilihan suhu sehingga Anda dapat menentukan suhu yang tepat berdasarkan tekstur dan ketebalan  rambut dengan lebar. sekitar 4 cm atau kurang sehingga bagian rambut yang paling dekat dengan kulit kepala dapat dengan mudah dijangkau. 

Gunakan Pelindung Rambut

Sebelum  meluruskan rambut dengan cepat, sebaiknya aplikasikan dulu hair protectant atau pelindung panas berupa krim, semprot atau serum dan gunakan pelindung panas secukupnya tergantung jenis dan panjang rambut yang digunakan.

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Catokan Rambut

Hal yang sering terjadi, baik sedang terburu-buru maupun saat ingin pelurus rambut  cepat, sering dijumpai menggunakan pelurus rambut saat rambut masih basah. Ini akan sangat merusak rambut lho Beautynesian! Rambut kering lebih lemah dan lebih rentan, lebih rusak, terutama saat bersentuhan dengan flat iron. Sebaiknya biarkan rambut Anda benar-benar kering  atau keringkan dengan handuk.

Setel Pada Temperatur yang Tepat

Untuk mencegah kerusakan rambut, sebaiknya setel setrika ke suhu terendah yang bisa meluruskan rambut sesuai dengan jenis rambut Anda.Jika rambut Anda halus,  suhu setrika tidak boleh terlalu tinggi. tinggi rendah atau antara 120 dan 150 °C. Untuk rambut sedang hingga sedang, gunakan suhu sekitar 150-180ºC. Di sisi lain, jika rambut Anda sangat tebal atau  kasar, Anda harus menggunakan suhu antara 180 dan 200 °C.

Membagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Untuk  meluruskan rambut dengan cepat dengan alat pelurus rambut, disarankan untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian setebal 1,25 hingga 5 cm. Ambil bagian atas rambut dan mulailah dengan rambut  di bagian bawah. Jangan meluruskan rambut dengan memilih bagian rambut secara acak karena ini akan membuat proses pelurusan memakan waktu lama dan tidak akan memiliki tingkat kelurusan yang sama.

Hindari Mencatok Berulang-ulang

Hindari meluruskan bagian rambut berulang kali karena ini akan merusak rambut Anda. Di setiap sisi rambut, Anda hanya perlu meluruskannya satu kali. Setelah Anda selesai dengan rambut di bagian bawah, segera lanjutkan ke layering rambut di tengah dan kemudian ke atas.Tetapi jika rambut Anda keriting, Anda mungkin benar-benar perlu melakukannya berulang-ulang sampai lurus.Namun, Anda juga harus mengikuti tips di atas, yaitu mengatur suhu yang tepat dan jangan lupa pelindung panas.

Bersihkan Catokan Rambut

Nah, setelah menggunakan pelurus rambut, penting juga  untuk selalu membersihkannya. Banyak kotoran atau kotoran yang biasanya menempel, terutama jika Anda menggunakan pelindung panas pada  rambut Anda. Kemudian simpan dengan baik di dalam tas khusus agar catok  aman dan tidak mudah kotor.

Nah itulah 7 Tips Mencatok Rambut agar tidak Mudah Rusak, Tips yang tidak kalah penting saat menggunakan alat pelurus rambut adalah perawatan rambut rutin setelah menggunakan alat pelurus rambut. Untuk menjaga rambut tetap lembut dan sehat.