3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 

Memiliki masalah ketombe memang sangat menyebalkan, tidak dipungkiri banyak orang menggunakan berbagai cara untuk menghilangkan ketombe di kepala, sehingga masalah munculnya ketombe putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal, selain rasa gatal pada kebanyakan orang yang menderita ketombe hilang, merasa malu, dan tidak yakin jika kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada dasarnya, ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan ketombe, seperti kulit kepala berminyak  (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, bahkan psoriasis. Karena berbagai sebab, ketombe di atas, masalah kulit kepala seperti terlalu berminyak atau terlalu kering, kemungkinan perkembangbiakan jamur Malassezia  bisa lebih besar lagi.Kondisi ini  bisa muncul di semua lapisan masyarakat, termasuk bayi. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal yang bisa Anda lakukan selain menggunakan sampo ketombe. Lihat artikel di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

Tea tree oil

Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan tea tree oil. Minyak pohon teh telah lama dikenal untuk mengobati berbagai kondisi kulit, mulai dari jerawat hingga psoriasis. Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Society for Microbiology menunjukkan manfaat pohon teh: minyaknya memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, memungkinkannya digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Selain itu, tea tree oil juga disebutkan dalam penelitian yang  dipublikasikan di American Journal of Clinical Dermatology efektif melawan jamur penyebab ketombe dan dermatitis seboroik 5% tea tree oil berhasil mengatasi ketombe hingga 41%. Untuk menghilangkan ketombe dengan minyak pohon teh, campurkan 2-3 tetes minyak pohon teh dengan 2-3 tetes  minyak pembawa seperti minyak kelapa.Penghilangan ketombe bisa dilakukan 3-4 kali seminggu. Namun, beberapa orang mungkin  tidak cocok menggunakan minyak pohon teh untuk menghilangkan ketombe, sehingga perlu dilakukan tes alergi terlebih dahulu.Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya  berhati-hati  karena minyak pohon teh dapat merusak kulit iritasi.

Minyak kelapa

Kulit kepala  kering dapat memperburuk masalah ketombe Anda. Nah, menggunakan minyak kelapa bisa menjadi cara alami menghilangkan ketombe  karena kemampuannya melembabkan kulit kepala. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati  eksim, yaitu masalah kulit yang memicu ketombe. Tetapi kalian tetap hati hati yak arena bisa menyebabkan infeksi karena minyak kelapa. Namun, diperlukan penelitian  lebih lanjut terkait hal ini.Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa Cukup gunakan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut. Biarkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan sampo. Pastikan untuk membersihkan kulit kepala agar tidak ada residu yang tertinggal. Minyak. karena Anda berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Lidah buaya

Tahukah Anda bahwa lidah buaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk ketombe? Menurut laporan ilmiah lidah buaya punya manfaat pada bagian anti bakteri dan jamurnya yang dapat menghilangkan ketombe. menghilangkan ketombe dengan lidah buaya anda bisa menggunakan gel lidah buaya. langsung dari tanamannya atau lidah buaya kemasan yang dijual di pasaran. Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dan pijat dengan lembut sampai  benar-benar terserap. Kemudian bilas kulit kepala Anda setelah dibiarkan. duduk sekitar 1 jam.Lakukan cara ini untuk menghilangkan ketombe dengan lidah buaya  2 kali seminggu.

Nah itulah cara untuk menghilangkan ketombe secara alami.